Friday, July 30, 2010

BIODATA PENYAIR

Oleh: Kiai Matdon (ketua Majlis Sastra Bandung MSB)

sahabat, dibawah ini biodata sahabat untuk MSB, barangkali ada yang kurang, mau ditambahkan atau diedit silahkan, yang belum isi sendiri. kalau ada kesalahan nama juga mohon diralat, maklum saya manusia, tidak luput darai kesalahan. nuhun

Matdon

BIODATA PENYAIR

1. Rangga Umara
lahir di Surabaya namun tumbuh dalam asuhan kakeknya yang pengasuh Ponpes Raudlatul Ulum Madura. Pasca menyelesaikan pendidikan di Ponpes, Rangga hijrah ke Bandung mengikuti ortu dan melanjutkan kuliahnya di Unpad Bandung. Minat menulis dan menggeluti dunia sastra telah ditekuninya sejak lama, bahkan beberapa prestasi di bidang kepenulisan sastra pernah diraihnya..Dan kini (entah ada hubungannya entah tidak dg minatnya itu) dia tercatat sebagai Asst.Manager di PT Agronesia. Rangga yang juga demen berwirausaha, saat ini tengah menyelesaikan novel "Ingin Menggapai Rembulan" ..

2.Agus Nasihin
Lahir di Bandung tanggal 17 Agustus (42 tahun yang lalu). Menyelesaikan studi S-1 di IKIP Bandung dan S-2 di UPI. Sewaktu mahasiswa rajin menulis karena ingin dapat honor untuk mentraktir teman-teman (ceweknya). Setelah menikah dan menjadi dosen ”berhenti” menulis karena mendapat informasi bahwa dosen tidak menulis. Sekarang berusaha menulis lagi karena mendapat informasi bahwa dosen yang tidak menulis adalah makhluk aneh. Buku kumpulan puisinya Ketika Engkau Menagih Puisi (2006), sebagian puisinya dimusikalisasi oleh A. Bima Sutisna dalam album VCD Depan Cermin (2008). Sekarang sedang menyiapkan buku puisi dan album musikalisasi kedua. Tinggal di Kampung Cihideung Gudang Kahuripan Lembang.

3.Asep Juanda
Lahir di Bandung, 3 April 1974, menamatkan pendidikan S 1 di UIN Bandung, lulus tahun 1998. Tinggal di Kp. Cicalengka rt. 03, rw.04 Desa Mekarmukti Kecamatan, Cihampelas Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat Indonesia 40562. Asep Juanda punya nomor hp, 085793138631

4.Bunyamin Faisal
Lahir di Tasikmalaya, 16 November 1978. Pertama menulis puisi memakai nama Beni A. Pamungkas. Sekolah tamatan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sekarang sedang berguru di UPI Bandung. Puisinya pernah dimuat di beberapa media. Pernah terkumpul di antologi “metamorfos”, komunitas siraru (kalangan terbatas).

5.Evi Sri Rezeki
Tinggal di Bandung, dan kuliah di Fikom Unisba, selain menulis juga aktif di berbagai organisasi. Pengalaman bekeseniannya cukup panjang, mulai dari aktor teater, menulis puisi, film, cerpen dan novel. Dalam job sudah berkali kalai ganti pekerjaan. Puisi dan cerpennnya berkali kali masuk dalam kumpulan atologi, ia pernah menulis novel teenlit berjudul Marshmallow (2008)




6.Epi Siti Sopiah
Lahir di bandung 17 september 1978, menulis puisi sejak 2000-an. Satu puisinya pernah diterbitkan dalam bahasa Inggris diterbitkan pada buku Letters From the Soul di Amerika sebagai salah satu semi finalis pada International Open Poetry Contest tahun 2002. Sekarang ibu rumah tangga yang suka menulis dan main teater (Pentas Theatre Community Bandung. Puisi-puisinya dimuat dalam antologi “Ziarah Kata” yang diterbitkan Majelis Sastra Bandung

7.Elis Tating Bardiah, S.Pd
Lahir di Bandung, 01 Maret 1978, ia seorang guru di dua SMA swasta (SMA Muhammadiyah 1 dan SMA PGRI 2), sebagai guru mata pelajaran Ekonomi dan Akuntansi, pernah aktif di LSM Ummi Maktum Voice (UMV) periode 1995-1997 sebagai divisi keuangan, beberapa karyanya dimuat di www.eramuslim.com, sebagian besar karya dishare di akun facebook atas nama Elis Tating Bardiahhttp://www.facebook.com/people/Elis-Tating-Bardiah/1730138771, dia juga Mengendorse Buku “Merancang Masa Depan Buah Hati” Karya H. Mulyadi, M.M Penerbit Pustaka Hidayah Bandung

8.John Heryanto
Seorang pengamen jalanan kota Bandung, kini aktor Laskar panggung Bandung dan Majelis Sastra Bandung.

9.Muhammad Irdiyansyah
Lahir di Jambi, 22 Agustus 1986,memliki hobi menulis,Melukis, bahkan pernah Pameran Lukisan Tunggal di Kampus UNPAS 9 Januari2010,judul pameran "Mata". Selain itu ia aktif di Majelis Sastra Bandung,,Taman Baca Pondok Imaji Khatulistiwa (Pemimpin)

10.Miko Alonso
Lahir di Bandung 3 Maret 1987, Mahasiswa Sastra Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung, senang menulis di blog dan Facebook dan aktif di pers kampus. Sekarang tengah merampungkan buku antologi Sajak-Sajak Tengil.

11.Naufal Nurfahmi
Lahir di Bandung, 25 Agustus 1991, masih kuliah di Univ. Pendidikan Indonesia Jurusan Pendidikan Teknik Elektro '09. Tulisannya belum pernah dimuat dimedia manapun dalam bentuk apapun.

12.Nugraha Umur Kayu,
Lahir di Serang 07 Januari 1980. Alumni FKIP Jurdiksatrasia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Karyanya pernah dimuat di koran lokal Banten, SINDO ( Seputar Indonesia), Majalah Sastra Horizon, Batam Post. Sajak-sajaknya tergabung di antologi buku Candu Rindu, antologi buku Rumpun Kita pertemuan penyair nusantara III Malaysia. Saat ini bergiat di Kubah Budaya, namun juga bergaul dengan segerombolan (konon aktor) yang menyebut diri sebagai grup teater AnonimuS, dan sesekali mampir di Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Banten. Kini timnggal di Jakarta

13.Rian Ibayana
lahir di Ciwidey bandung Selatan. 25 april 1988. Belajar menulis secara otodidak. Sekarang aktif bergiat di Komunitas layung Beureum Ciwidey. Beberapa puisinya dipublikasikan di Majalah MQ, Koran Priangan, RADAR TASIKMALAYA, Koran GALURA serta Situseni.com. Sekarang tinggal di Kp Ciwidey Tengah RT 01 RW 10 no 12 desa Ciwidey kecamatan Ciwidey Kabupaten bandung 40973. no hp 085723221486. Pernah jadi Juara 3 Lomba Tulis Puisi GBSI UPI 2009. Puisinya yang berjudul Kasidah Terakhir masuk nominasi 25 besar LOMBA CIPTA PUISI INDOSAT.

14.Pringadi Abdi Surya
Dilahirkan di Palembang, 18 Agustus 1988. Sekarang masih menyelesaikan tahun terakhirnya di D3 Akuntansi STAN. Kumpulan puisi tunggalnya berjudul ALUSI. Dimuat dalam beberapa antologi puisi dan cerpen seperti Kepada Cinta (gagasmedia, 2009), Kain Batik Ibu (Koekoesan, 2010), Koloid (Aksara, 2010), MGP (Esastera), APSAS G 30 S (Sokobuku, 2010) dan Teka-Teki tentang Tubuh dan Kematian (IBC, 2010).
Karya-karyanya (baik cerpen atau puisi) pernah dimuat di Batam Pos, Global Medan, Jambi Ekspres, Berita Pagi Sumsel, Jurnal Bogor, dan Suara Merdeka.

15.Syena Tandya Syakir (Syenda)
Tinggal di Jl. Rajawali timur no 146 Bandung dan dia kebungungan menulis biodata sendiri

16.Tirena Oktaviani
Tirena Oktaviani adalah mahasiswa sastra Inggris Unpad. Aktif di Komunitas Sastra Langkah, Jatinangor. Tulisannya pernah dimuat di buletin KOMSAS Langkah, Jatinangor.

17.Wahid Ibrahim
Berasal dari Bogor, mahasiswa Jurusan Sastra Arab UNPAD angkatan 2005, bergiat di Komunitas Sastra Langkah.

18.Wong Agung Utomo
Aktiv di Majelis Sastra Bandung sejak komunitas ini berdiri, “Namaku Kalah” adalah antologi puisi pertamanya. Beberapa puisinya juga masuk dalam antologi puisi 'ziarah kata' Majelis Sastra Bandung. Masih kuliah di sastra inggris unpas bandung

19.Yanti Sri Budiarti
Lahir di Karawang 7 Oktober 1967. Menjalani studinya di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Bandung (1986 -1990) dan melanjutkan studinya di Program Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Pascasarjana UPI (2007 – 2009).
Setelah selama enam tahun menjadi guru di SMAN Jampangkulon Kab. Sukabumi (1997-2002), kini menjadi guru di SMAN 15 Bandung (2003 – sekarang). Karya tulisnya pernah terpilih sebagai Juara 1 Lomba Menulis Antar Guru SMP dan SMA se-Jawa Barat pada tahun 2003 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Bandung. Menulis puisi dalam dua bahasa. Puisi-puisi berbahasa Indonesia dikumpulkan dalam buku “Bolehkah Merindu” (2007), puisi dalam bahasa Sunda dimuat di Mangle, Galura, dan Sunda Midang. Kini tinggal di Kampung Cihideung Gudangkahuripan Lembang bersama suaminya dan tiga orang anaknya

20.Yunita Indriani
Tinggal di jalan kp. Babakan Jeungjing No. 31 RT.01/03 Ds. Cangkuang Kec. Rancaekek Kab. Bandung adalah Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru yang sedang belajar menulis sastra, bergiat untuk menjadi penulis sastra.

21.Zein Arfiarrahman
Lahir di Bandung, 07 Oktober 1989. Tercatat sebagai Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia. Alumnus Lateral School (OYAG forum Bandung). Menulis puisi dan cerpen. Saat ini hobi mengumpulkan beberapa tulisan dari beberapa media cetak dan membuat stensilan karyanya sendiri.

22.B.F. Syarifudin
lahir di Tasikmalaya, 16 November 1978. Pertama menulis puisi memakai nama Beni A. Pamungkas. Pernah mondok di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sekarang sedang berguru di UPI Bandung. Puisinya pernah dimuat di beberapa media. Terkumpul dalam antologi bersama “metamorfosa” komunitas siraru 2003 (kalangan terbatas), dan antologi puisi bersama ”Ziarah Kata” 2010 (Majelis Sastra Bandung).

23. Fitrah Anugerah

24. Pradewi TC

25.untung Wardojo

No comments:

Post a Comment